Coronavirus

Bagaimana Virus Corona Menyerang Manusia

Penyebaran virus bisa mengakibatkan banyak masalah kesehatan ringan hingga berakibat fatal. Banyak jenis virus yang berbahaya untuk kesehatan dan bahkan bisa menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi penderita yang terinfeksi.

Salah satu jenis virus yang baru baru ini menggemparkan Dunia kesehatan adalah Coronavirus yang mulai menyebar dari Kota Wuhan di Cina. Jenis virus ini memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi manusia jika menginfeksi.

2019 Novel Coronavirus merupakan salah satu jenis virus yang menyerang bagian sistem pernapasan. Infeksi dari virus ini akan mengakibatkan gangguan di bagian sistem pernapasan, penderita kemungkinan mengalami pneumonia dan bisa sampai menyebabkan kematian jika infeksinya sudah sangat parah dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat.

Jenis virus Corona berpotensi menular pada manusia dengan cepat. Awalnya jenis virus ini ditemukan di Kota Wuhan Cina pada akhir Tahun 2019 tepatnya di akhir Bulan Desember 2019. Penularan virus ini sagat cepat sehingga penyebarannya ke beberapa wilayah di Cina dan bahkan ke Negara lain akibat terbawa oleh penderita yang sudah terinfeksi.

Apa itu Coronavirus? Secara umum, Coronavirus merupakan kumpulan virus yang bisa menginfeksi bagian sistem pernapasan. Pada kebanyakan kasus, awalnya virus ini hanya menimbulkan gejala sederhana yaitu seperti flu pada umumnya.

Akan tetapi lama kelamaan infeksi virus ini akan terus berkembang sehingga mengakibatkan infeksi saluran pernapasan yang lebih parah sehingga timbul gejala pneumonia, Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan bahkan Middle-East Respiratory Syndrome (MERS).

Gejala Umum Coronavirus

Infeksi Coronavirus akan menyebabkan penderita yang terinfeksi mengalami gejala flu yang umum terjadi dan terkadang dianggap sebagai gejala flu biasa. Gejala tersebut misalnya nyeri tenggorokan, batuk, sakit kepala, hidung berair atau meler. Bahkan bisa menimbulkan gejala pernapasan berat yang meliputi demam tinggi, sesak napas, nyeri dada dan batuk berdahak darah.

Akan tetapi ada 3 gejala umum yang menjadi ciri atau tanda bahwa seseorang terinfeksi virus corona, diantaranya sebagai berikut:

  • Sesak Napas
  • Demam
  • Batuk

Dari hasil riset, Infeksi virus Corona ini akan timbul dalam rentan waktu 2 hari hingga 2 minggi setelah terpapar Coronavirus. Jangan menyepelekan gejala demam biasa dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kemungkinan terburuk dari infeksi virus Corona tersebut.

Baca Juga:   Yang Perlu Dilakukan Orang Tua Untuk Mencegah Anak Obesitas

Mengenal Jenis Virus Corona Yang Bisa Menginfeksi Manusia

Coronavirus atau Virus Corona adalah salah satu dari kelompok virus Corona yang sangat berbahaya saat ini. Namun, ada beberapa jenis virus Corona lainnya yang tak kalah berbahaya jika menginfeksi manusia. Berikut ini jenis virus Corona yang berbahaya jika menginfeksi manusia di kutip dari CNN Indonesia!

HCoV-229E (alpha coronavirus)

Salah satu jenis virus Corona yang berbahaya adalah HCoV-229E (alpha coronavirus). Jenis virus ini muncul pertama kali dan dilaporkan menginfeksi manusa sekitar pertengahan Tahun 1960-an.

Menurut laporan, virus ini gejalanya berupa flu biasa dan lebih mudah menyerang orang lanjut usia dan anak-anak. Namun, hingga kini belum ada kasus dan laporan bahwa virus tersebut mengakibatkan korban jiwa.

HCoV-NL63 (alpha coronavirus)

Virus jenis ini pertama kali diisolasi di Amsterdam sekitar Tahun 2004 karena menginfeksi manusia yaitu seorang bayi berusia sekitar 7 bulan. Penderita mengalami infeksi di bagian pernapasan yang hampir mirip dengan gejala penyakit bronkhitis.

HCoV-OC43 (beta coronavirus)

Virus Corona tipe yang satu ini merupakan virus yang bisa menyebabkan gejala flu. Jenis virus ini merupakan salah satu varian umum dari virus Corona di berbagai penjuru dunia. Berdasarkan pada riset terbaru menemukan bahwa jenis virus ini menyebabkan gangguan saluran pernapasan bawah dan kondisinya cukup parah terutama pada anak-anak.

HCoV-HKU1 (beta coronavirus)

Tipe virus ini awal mulanya ditemukan di Hong Kong pada Tahun 2005. Virus ini ditemukan menginfesi seorang kakek berusia 71 Tahun yang baru pulang dari China tepatnya di wilayah Shenzen (Institut Kesehatan Nasional AS).

Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS)

Jenis ini adalah sindrom pernapasan akut yang sangat parah. Awal mula diidentifikasi pada Tahun 2002 di China. Jenis virus ini diperkirakan berawal dari hewan Kelelawar yang berlanjut menyebar pada hewan lainnya seperti musang.

Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-CoV)

Mungkin kita semua pernah mendengar nama jenis virus MERS. Jenis virus ini awal mulanya teridentifikasi di Arab Saudi Tahun 2012. Pada saat ini banyak kasus akibat infeksi jenis virus yang satu ini.

Baca Juga:   Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Sebagai Penurun Berat Badan

Bahkan menyebar ke beberapa Negara seperti Tunisia, Italia, Perancis, Jerman, Inggris, Qatar, Uni Emirat Arab, Yordania.

2019 Novel Coronavirus  (2019-nCoV)

Coronavirus atau 2019 Novel Coronavirus yang baru-baru ini booming dan menggemparkan jagat ini. Jenis virus Corona ini menular dari hewan ke manusia. Pada umumnya gejala awal yang muncul adalah demam, sesak napas, flu, batuk, sulit bernapas, gagal ginjal, gagal napas dan bahkan bisa berujung pada kematian apabila tidak ada penanganan yang tepat.

Kini para ilmuwan dan pakar kesehatan masih melakukan penilitian dan observasi mengenai Coronavirus yang mulai menyebar dengan cepat terutama di Kota Wuhan, Cina. Penyebaran dan penularan birus ini bisa dengan cepat.

Penyebab Penularan Virus Corona

Banyak yang beranggapan bahwa virus Corona ini menular dairi hewan ke manusia. Hal ini tentu tidak sepenuhnya benar karena penularan dan penyebaran virus ini bisa dari manusia ke manusia yang sudah terinfeksi Coronavirus.

Secara umum infeksi virus Corona disebabka Coronavirus yang sangat berbahaya. Sistem pernapasan menjadi sasaran utama dari infeksi jenis virus yang satu ini sehingga akan membuat penderitanya mengalami sesak napas dan kesulitan napas. Gejala lainnya disertai dengan flu, demam serta batuk

Beberapa cara yang bisa mengakibatkan seseorang terinfeksi virus Corona dari penderita lainnya yang terkadang tidak disadari yaitu:

  • Kontak dekat dengan penderita Coronavirus. Misalnya bersalaman atau bersentuhan
  • Memegang hidung tanpa mencuci tangan setelah terjadi kontak dengan penderita atau memegang barang yang terkena percikan air liur seorang yang terkena infeksi virus tersebut
  • Terkena percikan air ludah saat penderita Corona bersin atau batuk

Corona virus akan dengan mudah menginfeksi orang yang memiliki sistem imun lemah. Tidak pandang usia orang tersebut. Baik itu bayi, balita, anak-anak, orang dewasa dan orangtua berpotensi terkena infeksi virus Corona jika kondisi sistem imun tubuh lemah.

Apa Perbedaan Infeksi Virus Corona dengan Influenza?

Berbicara mengenai Coronavirus dan Influenza tentu menjadi salah satu topik yang menarik. Pasalnya kedua jenis virus ini memiliki kemiripan dari gejala infeksi yang ditimbulkan. Gejala yang timbul memang mirip namun penyebabnya tentu memiliki perbedaan.

Dengan kemiripan gejala yang ditimbulkan sepeti flu, demam, sesak napas dan batuk tentu saja hal ini membuat identifikasi dari virus Corona ini sedikit sulit. Perlu dilakukan pemeriksaan skala Laboratorium untuk memastika dan mengkonfirmasi bahwa seseorang terkena infeksi Coronavirus.

Baca Juga:   Manfaat Teh Hijau untuk Proses Metabolisme Tubuh

Untuk itu jika gejala umum yang telah disebutkan terjadi pada seseorang maka sebaiknya jangan diabaikan dan disepelekan. Sebaiknya segera ditangani dengan benar dan melalui pemeriksaan serta tes dari dokter.

Komplikasi Akibat Virus Corona

Coronavirus yang menginfeksi manusia dan kondisinya sudah terbilang parah maka akan mengakibatkan beberapa komplikasi seperti:

  • Gagal Ginjal
  • Terjadi Infeksi pada bagian organ lain
  • Pneumonia
  • Acute respiratory distress syndrome
  • Acute cardiac injury
  • Kematian (kondisi lebih parah)

Penanganan Awal Virus Corona

Penanganan awal dari Coronavirus memang perlu dilakukan oleh pihak medis secara tepat agar gejalanya tidak berkembang lebih parah lagi. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Menggunakan obat pereda nyeri
  • Penderita dianjurkan mandi dengan air hangat serta menggunakan pelembab udara (humidifier) supaya bisa meredakan sakit tenggorokan dan batuk
  • Menjaga cairan tubuh dengan perbanyak minum air putih
  • Penderita harus lebih banyak beristirahat dan tidak boleh bepergian ke luar ruangan

Tips Mencegah Virus Corona

Hingga saat ini masih belum ada kepastian mengenai Vaksin untuk Coronavirus meskipun ada ilmuwan yang mulai menemukan formula yang bernama Remdesivir. Hanya saja masih dalam proses observasi dan penelitian lebih lanjut mengenai kemampuannya untuk penanganan Coronavirus.

Oleh karena itu sebaiknya pencegahan terhadap virus Corona lebih diutamaka sebelum terjadi infeksi yang membahayakan. Simak tips pencegahan Coronavirus berikut ini!

  1. Biasakan untuk mencuci tangan dengan benar sebelum makan dan setelah buang air. Gunakan sabun dan air mengalir untuk membasuh tangan. Ini kebiasaan sepele namun bisa meminimalisir infeksi virus berbahaya
  2. Tips berikutnya gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Ini sebagai salah satu cara meminimalisir penularan virus
  3. Menjaga daya tahan tubuh adalah hal penting untuk menangkal virus. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak minum air putih, rajin olahraga dan pastikan waktu istirahat cukup
  4. Hindari bepergian ke Negara yang berpotensi Virus Corona
  5. Jangan mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan yang tidak biasa seperti kucing, kelelawar dan lainnya.
  6. Jika mengalami gejala flu maka segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan cepat agar tidak berkembang menjadi masalah kesehatan lainnya.
  7. Jaga kebersihan diri, pakaian, rumah dan lingkungan tempat tinggal

Nah, demikian sekilas mengenai Coronavirus yang perlu diwaspadai karena jenis virus ini sangat berbahaya. Jaga kesehatan dan kebersihan untuk meminimalisir penularan virus Corona. Semoga bermanfaat!

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas