Virus Influenza

Mengenal Penyebab dan Penanganan Virus Influenza

Setiap orang tentu saja mendambakan tubuh yang sehat, kuat dan bugar bebas dari penyakit. Namun terkadang ada saja masalah kesehatan yang tidak diduga tiba-tiba menyerang dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Virus dan bakteri bisa menjadi salah satu penyebab atau pemicu timbulnya serangan penyakit pada tubuh mulai dari kondisi ringan hingga berbahaya.

Influenza menjadi salah satu kasus gangguan virus yang menyerang sistem imun tubuh sehingga penderitanya akan mengalami masalah kesehatan ringan seperti flu yang umum kita jumpai.

Namun jika kondisi ini tidak mendapatkan penangana yang tepat sudah tentu akan mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih parah.

Pada dasarnya influenza merupakan infeksi yang sebabkan oleh virus influenza di bagian saluran pernapasan. Biasanya penderita akan mengalami flu yang secara tiba-tiba dalam waktu yang cukup lama hingga 10 hari.

Flu yang diakibatkan oleh virus influenza ini bersifat menular dan virus tersebut dikenal dengan istilah virus RNA dari Famili Orthomyxoviridae. Biasanya gejala tersebut mengakibatkan orang yang terinfeksi akan mengalami batuk, nyeri otot, sakit tenggorokan, lesu dan lainnya.

Meskipun terkesan ringan namun masalah kesehatan yang satu ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang cukup serius jika dibiarkan dan tiak segera ditangani. Dalam hal ini perlu solusi penanganan yang tepat agar virus influenza tidak berkembang membahayakan.

Jenis Virus Influenza Yang Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Virus influenza memiliki beberapa jenis yang masing masing memiliki karakter berbeda terhadap penuluaran dan penyebabnya. Penyakit influenza seperti flu terkadang dianggap sebagai masalah biasa namun sebenarnya masalah kesehatan ini harus mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak mengakibatkan permasalahan yang lebih serius lagi.

Nah, berikut ini beberapa jenis virus influenza yang bisa menginfeksi dengan gejala berbeda dan penularan berbeda pula:

Virus Influenza A

Jenis virus influenza A ini adalah salah satu patogen manusia yang sangat varulen diantara ke-3 jenis virus influenza lainnya yang bisa menimbulkan penyakit yang sangat berat. Inang dari penularan virus ini biasanya dari unggas akuatik  dan bisa juga dari spesies lainnya. Virus ini bisa menimbulkan masalah juga pada manusia yang terinfeksi .

Baca Juga:   Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Sebagai Penurun Berat Badan

Virus Influenza B

Kemudian jenis lainnya yaitu virus Influenza tipe B. Jenis virus ini bisa menyerang manusia namun lebih jarang jika dibandingkan dengan jenis A. Selain manusia, jenis virus ini juga bisa menginfeksi hewan seperti anjing laut dan musang.

Virus Influenza C

Jenis virus tipe C bisa menginfeksi manusia  dan jenis hewan seperti babi serta anjing. Jenis virus ini bisa mengakibatkan penyakit yang masuk dalam kategori berat. Akan tetapi jenis virus ini sangat jarang menginfeksi atau terjadi jika dibandingkan dengan tipe virus yang lainnya. Jenis virus ini hanya mengakibatkan masalah kesehatan biasa saja.

Gejala Umum Infeksi Virus Influenza

Virus influenza secara umum akan mengakibatkan masalah kesehatan mulai dari kondisi ringan hingga lebih fatal jika berkembang menyerang lebih parah. Biasanya jika seseorang terkena infeksi virus ini mengakibatkan flu disertai bersin bersin, hidung berair, tenggorokan sakit dan terjadi pembengkakan di bagian tertentu.

Penyakit influenza ini berkembang secara lambat dengan adanya flu yang secara mendadak menyerang penderita. Bahkan sebagian orang disertai dengan gejala pilek yang seringkali mengganggu kesehatan tersebut. Hal ini jelas menimbulkan rasa sangat tidak nyaman dan jika terjadi pada anak anak tentu mengakibatkan kekhawatiran.

Beberapa gejala umum yang sering terjadi pada penderita infeksi virus influenza ini diantaranya yaitu sebagai berikut!

Panas Dingin Berkeringat

Salah satu gejala yang akan terjadi pada penderita virus influenza adalah badan panas dingin berkeringat. Suhu badan tiba tiba naik disertai dengan keringat dingin. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Demam

Demam menjadi salah satu kondisi yang paling umum terjadi akibat serangan virus influenza ini. Suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat. Awalnya suhu tubuh mulai dari 38 derajat dan terus naik jika tidak segera mendapatkan penanganan.

Batuk Kering

Kondisi lainnya dari influenza adalah mengakibatkan batuk kering yang akan membuat tenggorokan sangat sakit. Sebaiknya perbanyak air putih saat terkena gejala yang satu ini agar tenggorokan tidak terasa kering dan sakit.

Baca Juga:   Bagaimana Virus Corona Menyerang Manusia

Nyeri Otot dan Kelelahan

Bagian tubuh terasa nyeri dan yang lebih terasa di bagian otot otot tubuh. Bahkan tubuh akan terasa sangat lelah sehingga disarankan untuk melakukan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh kembali fit dan otot kembali nyaman. Perbanyak konsumsi minum air putih.

Hidung Tersumbat

Kondisi ini tentu saja sangat umum terjadi di awal serangan influenza. Flu dan pilek ajan menjadi salah satu kondisi yang sangat tidak nyaman akibat serangan virus influenza ini. Perbanyak waktu istirahat untuk kondisi fit lagi.

Tips Pencegahan Virus Influenza

Untuk menghindari penularan dari virus influenza ini maka biasakan untuk hidup sehat setiap hari. Beberapa tips berikut ini bisa membantu untuk meminimalisir penyebaran dan penularan virus influenza agar tidak mengganggu kesehatan:

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Salah satu cara pencegahan penularan virus influenza adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan setiap hari. Utamakan untuk konsumsi makanan sehat dan bergizi agar sistem imun tubuh bisa menangkal serangan virus tersebut.

Perbanyakan makanan yang mengandung vitamin dan sertakan suplemen vitamin untuk kesehatan. Perbanyak juga minum air putih.

Jaga Kesehatan Tubuh dan Rajin Cusci Tangan

Perhatkan kesehatan dan kebersihan tubuh. Biasakan untuk cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air. Hal ini supaya bisa meminimalisir penularan dari virus influenza yang berbahaya.

Istirahat Yang Cukup

Penting juga untuk memperhatikan waktu istirahat yang cukup minimal 8 jam setia harinya. Dengan istirahat cukup maka akan membantu meningkatkan imun tubuh agar bisa menahan serangan influenza dan gejalanya.

Periksa Ke Dokter

Memasuki pergantian cuaca dan musim maka sebaiknya rutin periksakan diri ke dokter dan berkonsultasi untuk pencegahan masalah virus influenza tersebut dan masalah kesehatan lainnya yang bisa terjadi.

Berbicara mengenai virus influenza atau yang lebih umum dengan gejala flu tentu saja baru baru ini ada yang disebut infeksi virus Corona di Wuhan China. Kabar mengenai penyebaran virus jenis ini memang sangat mengerikan karena sudah menjangkit banyak orang di Wuhan China dan bahkan sebabkan kematian beberapa orang.

Apa Itu Virus Corona?

Virus Corona atau Coronavirus merupakan salah satu jenis virus yang memiliki strain. Jenis virus ini berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan yang mematikan pada unggas dan mamalia. Bahkan pada manusia penyebaran virus ini bisa terjadi dan menyebar melalui udara.

Baca Juga:   Langkah Sederhana Menerapkan Pola Hidup Sehat Setiap Hari

Belum lama ini kasus Corona Virus terjadi di Wuhan China dan menjadi sebuah teror menggemparkan Dunia mengingat infeksi virus yang mirip virus influenza ini sangat membahayakan kesehatan dan keselamatan. Pada kondisi yang lebih lanjut bisa mengakibatkan kematian seperti halnya penularan virus SARS dan MERS yang terdahulu pernah membuat gempar juga.

Dugaan awal mula adanya virus Corona di Wuhan ini berasal dari hewan yang banyak di konsumsi di pasar Tradisional di Wuhan. Mulai dari daging kelelawar, buaya, ular, landak dan lainnya. Masakan dari daging kelelawar dan ular dianggap sebagai salah satu penyebab penularan dari Coronavirus di Wuhan. Meskipun ini hanya baru sebatas dugaan sementara dan masih dalam penelitian dan pengamatan lebih lanjut.

Bagaimana Virus Corona Bisa Menyebar? Apakah Sama Dengan Virus Influenza?

Virus Corona sangat mudah menyebar sebagaiman virus influenza. Penyebaran virus ini bisa terjadi lewa udara, bersin atau batk, kontak fisik dan lainnya. Mengingat penularannya sangat cepat dan sangat mudah sehingga perlu penanganan dan pencegahan yang lebih tepat.

Beberapa Gejala Virus Corona

Serangan Virus Corona yang dianggap sangat membahayakan ini akan membuat infeksi saluran pernafasan sehingga bisa dikatakan virus ini hampir sama dengan virus influenza atau  Flu. Hanya saja Corona lebih parah. Beberapa gejala diantaranya yaitu:

  • Gejala umum yang akan terjadi yaitu sakit tenggorokan, flu, pilek, deman, pusing dan akan berlangsung berhari-hari. Lama kelamaan akan mengakibatkan adanya infeksi di bagian pernapasan bawah seperti bronkitis dan pneumonia
  • Gejala lainnya yang terjadi jika menyerang orang dengan sistem imun lemah yaitu infeksi saluran pernafasan yang lebih parah dan akan sangat membahayakan jika tidak segera ditangani dengan baik

Nah, demikian sekilas mengenai virus influenza dan virus corona yang hampir memiliki kesamaan dari segi gejala yang terjadi jika menginfeksi. Terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup dan periksakan diri ke dokter secara rutin untuk menangkal infeksi virus yang berbahaya ini.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas